KONTAK PERKASA FUTURES || Emas Kembali Mendapat Dorongan Karena Bank Sentral Ingin Meningkatkan Pertumbuhan



PT KONTAKPERKASA FUTURES BALI 16/03/2020 - Emas melonjak setelah Federal Reserve memangkas suku bunga acuannya menjadi persentase penuh mendekati nol, mengirim ekuitas berjangka AS jatuh, dan menunjuk ke minggu volatile lainnya karena pasar bersiap untuk lebih banyak bergerak dari bank sentral dunia.
Bullion naik 3%, sebelum memangkas kenaikan, karena bank sentral AS bergerak untuk melindungi kemerosotan ekonomi karena dampak dari virus corona. Harga turun paling tajam sejak 1983 pekan lalu karena investor bergegas untuk mengumpulkan uang tunai untuk menutupi kerugian di pasar lain, sementara dolar yang lebih kuat juga mengurangi daya tarik logam.
The Fed mengumumkan beberapa tindakan lain, termasuk membiarkan bank meminjam dari jendela diskon selama 90 hari dan mengurangi rasio persyaratan cadangan menjadi nol persen. Ayunan liar di pasar telah menjadi kejadian hampir setiap hari karena investor menilai kemanjuran tindakan oleh otoritas untuk mengendalikan pandemi virus. Ekuitas berjangka AS turun sekitar 5%, mencapai batas pada perdagangan, setelah saham naik lebih dari 9% pada hari Jumat, sementara imbal hasil obligasai dengan tenor 10-tahun turun lebih dari 30 basis poin.
Suku bunga yang lebih rendah biasanya meningkatkan daya tarik emas, yang tidak menawarkan bunga. Ketua Fed Jerome Powell mengatakan para pembuat kebijakan harus melakukan apa yang mereka bisa dan pertumbuhan ekonomi kemungkinan akan lemah pada kuartal kedua, sambil menegaskan kembali penentangannya terhadap suku bunga negatif.
Di tempat lain, bank sentral Selandia Baru juga memangkas suku bunga dalam langkah darurat, sementara Reserve Bank of Australia (RBA) akan mengumumkan langkah kebijakan lebih lanjut pada hari Kamis. Bank of Japan (BOJ) bertemu pada hari Senin setelah mengajukan pertemuan yang dijadwalkan akhir pekan ini.
Emas naik lebih dari $ 45 ke level $ 1.575,47 per ons dan 0,2% lebih tinggi pada level $ 1.532,16 pada pukul 9:24 pagi di Singapura. Perak naik hampir 3% sebelum memotong keuntungan untuk diperdagangkan 0,4% lebih rendah, sementara paladium turun lebih dari 2% dan platinum turun 0,2%. (knc)
Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatian! Facebook-Instagram-WhatsApp Masih Down

Wall Street Hijau, Penjualan Ritel Tokcer, Kurang Apa Lagi?

Gara-Gara Brexit, Harga Emas Kembali Sentuh US$ 1.300